2-Our Program

KETENTUAN BEASISWA
Program beasiswa ini diberi nama Beasiswa Ekonomi Alumni Foursma yang diberikan oleh Alumni SMA N 4 Denpasar dengan Pariprasnena sebagai mediatornya kepada siswa/i SMUN 4 Denpasar yang memerlukan dukungan dana dalam hal pembayaran BP3. Beasiswa ini terbuka bagi siswa/i kelas I, II, dan III SMUN 4 Denpasar.
Beasiswa diberikan kepada siswa/i yang dinilai benar-benar membutuhkan bantuan oleh tim beasiswa dalam bentuk pembayaran dana SPP selama 12 (dua belas) bulan kepada pihak sekolah. Beasiswa akan diberikan mulai bulan pertama semester ganjil (bulan juni) hingga bulan terakhir semester genap yang akan dibayarkan setiap 3 bulan sekali setelah laporan hasil belajar diserahkan kepada tim beasiswa.
Kriteria pengajuan bantuan Beasiswa Ekonomi Pariprasnena adalah:
1.    Siswa/i SMUN 4 Depasar yang merasa benar-benar memerlukan dukungan dana dalam hal pembayaran SPP
2.    Membutuhkan bantuan biaya pendidikan yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari Kepala Lingkungan tempat siswa/i bersangkutan bertempat tinggal.
3.    Tidak sedang menerima beasiswa dari institusi / lembaga lain.
Persyaratan administrasi yang harus diserahkan kepada tim Beasiswa Ekonomi Pariprasnena antara lain:
1.    Formulir pengajuan calon yang telah diisi lengkap.
2.    Surat keterangan tidak mampu yang menyatakan bahwa benar-benar memerlukan dukungan dana dalam hal pembayaran SPP dari Kepala Lingkungan tempat siswa/i bersangkutan tinggal.
3.    Fotocopy raport yang telah dilegalisir sampai dengan semester terakhir yang telah diikuti.
4.    Fotocopy sertifikat bagi yang pernah mengikuti perlombaan atau kompetisi yang menunjang prestasi akademik.
5.    Dokumen lain yang dianggap perlu untuk menunjang proses pengajuan Beasiswa Ekonomi Pariprasnena seperti piagam penghargaan atau sertifikat lomba bila ada.

PROSES SELEKSI

Pariprasnena atas nama Alumni SMA N 4 Denpasar telah membentuk tim seleksi Beasiswa Ekonomi Alumni Foursma yang bertugas untuk menyeleksi calon penerima beasiswa. Detil waktu penyeleksian terdapat pada lampiran.
Proses seleksi diawali dengan membuka pendaftaran bagi seluruh siswa/i SMUN 4 yang merasa membutuhkan bantuan Beasiswa Ekonomi ini.
Tim beasiswa akan melakukan pencocokan kebenaran lebih lanjut terhadap semua dokumen dan data dari seluruh pendaftar dengan berkoordinasi dengan pihak sekolah dalam hal ini lembaga BK (Bimbingan dan Konseling) yang dianggap paling mengetahui keadaan siswa/i bersangkutan.
Yang perlu diperhatikan adalah beasiswa ini ditujukan kepada siswa/i yang benar – benar memerlukan. Segala keputusan akhir ada pada tim Beasiswa Alumni Foursma.
Adapun proses seleksi Beasiswa Alumni Foursma adalah sebagai berikut:
Pengajuan oleh siswa/i melalui pengisian formulir calon penerima beasiswa yang telah dilengkapi dengan persyaratan administrasi.
Pemeriksaan kelengkapan dan pencocokan kebenaran persyaratan administrasi. Calon yang tidak melengkapi persyaratan administrasi dianggap mengundurkan diri. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada calon yang benar-benar berminat untk mengikuti seleksi beasiswa ini.
Wawancara. Lebih ditekankan kepada motivasi belajar siswa/i.
Peninjauan lapangan. Dilakukan peninjauan dan penilaian terhadap kehidupan keseharian dari calon penerima beasiswa. Peninjauan di lapangan dilakukan dengan wawancara dengan pihak orangtua siswa/i yang bersangkutan untuk menjaga objektifitas proses seleksi.


MEKANISME BEASISWA

1.    Beasiswa dibayarkan langsung kepada pihak sekolah oleh pihak tim beasiswa setiap 3 bulan sekali. Siswa/i akan diberi pemberitahuan setiap kali beasiswa telah diberikan kepada pihak sekolah. Siswa/i wajib memberikan evaluasi hasil belajar setiap tiga bulan.
2.    Tim Beasiswa Ekonomi Alumni Foursma berhak mencabut beasiswa yang diberikan bila di kemudian hari siswa/i yang bersangkutan terbukti kehilangan motivasi belajar dan/atau melakukan tindakan yang oleh tim beasiswa dianggap tidak terpuji (berlawanan dengan norma sosial serta tindakan kriminal).

mekanisme11Gambar 1-Alur Penerimaan Beasiswa

mekanisme2Gambar 2-Mekanisme Pengawasan Berkelanjutan

Leave a comment